Akhirnya Nama Benny Wenda Dicoret dari DPO Interpol

London, UK, SOMERPost : Polisi Internasional atau Interpol yang memasukkan nama Benny Wenda dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atas usul Kepolisian Indonesia dengan tuduhan kriminal akhirnya tersadar dari kekeliruannya. Interpol kemudian mencoret nama Benny Wenda dari dari daftar hitam versi mereka.

Situs Interpol yang memuat profil Benny Wenda sebagai ‘Wanted Man’ kini tidak lagi menampilkan informasi detail tentang Pelobi Papua Merdeka di Kerajaan Inggris itu.

Interpol setelah mempelajari sepak terjang Benny Wenda, menilai bahwa apa yang dilakukannya adalah kampanye politik dan mereka tidak mendapati unsur kriminal sebagaimana ditipu oleh otoritas Indonesia.

Benny Wenda yang mengetahui namanya dicoret dari DPO menyambut baik langkah yang diambil oleh Interpol itu. Seperti dikutip Radio New Zealand Online, Selasa (07/08) kemarin, dia mengatakan apa yang dilakukan Interpol akan semakin memudahkan dirinya melakukan kampanye untuk memberitahu dunia tentang penderitaan bangsanya.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak otoritas Indonesia terhadap dicoretnya nama Benny Wenda dari DPO Interpol.

Sebagaimana diketahui, nama Benny Wenda dimasukkan dalam DPO Interpol pada tahun 2008 lalu atas permintaan pihak Polri. Polri, tanpa bukti yang jelas, menuduh Benny Wenda terlibat aksi kriminal pada tahun 2000.

“Karena yang bersangkutan DPO Polda Papua, Mabes Polri telah meminta Interpol Kerajaan Inggris di London untuk menangkap Benny Wenda. Sejauh ini pihak Kerajaan Inggris tidak mengetahui kalau yang bersangkutan adalah buronan dari Kepolisian Indonesia. Karena itu dalam waktu dekat ini pihak Interpol Inggris diminta menangkap Benny Wenda dan mendeportasi ke Indonesia,” kata Kapolda Papua saat itu, Irjen Pol FX Bagus Ekodanto.

Dengan dicoretnya nama Benny Wenda dari DPO Interpol maka kandaslah upaya otoritas Indonesia untuk mengkriminalisasi gerakan Papua Merdeka.***

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di WPNews dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Akhirnya Nama Benny Wenda Dicoret dari DPO Interpol

  1. peyon berkata:

    kemunafikan dan rekayasa indonesia itu akan segera ketahu oleh dunia internasional.

  2. Kontol mu papua yg seharusnya di mutilasi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s