Rombongan Kapolres Puncak Jaya Ditembaki Milisi Piaraan TNI

Oleh : SOMERPost

Mulia, SOMERPost – Milisi Piaraan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berkeliaran dan membuat resah masyarakat Kabupaten Puncak Jaya, Papua, kembali berulah. Sasarannya adalah Polisi dan Warga Pendatang. Belum puas membantai Polisi dan Tukang Ojek menggunakan kapak beberapa waktu lalu, mereka kembali menghadang dan menembaki rombongan Kapolres Puncak Jaya AKBP Alex Korwa bersama Wakapolres Kompol Jefri dan anggota Brimob BKO Polres Puncak Jaya, Sabtu (13/3) kemarin, tepatnya di daerah Kampung Kanoba, Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya.

Sebuah sumber terpercaya menyatakan, rombongan tersebut rencananya akan menjemput 4 orang anggota Pos Polisi Tingginambut yang sedang sakit untuk dibawa ke RSUD Mulia, namun di dalam perjalanan tiba-tiba dihadang oleh Milisi Binaan TNI yang lebih dulu mengeluarkan tembakan ke arah iring-iringan kendaraan dengan jarak kontak senjata sekitar 500 meter. Mereka berjumlah sekitar 4 orang dan menggunakan senjata api jenis SS1 dan M16. Polisi kemudian membalas tembakan milisi dan terjadi kontak tembak selama kurang lebih 2 jam. Menurut sumber tadi, tidak ada korban jiwa dari kedua belah pihak.

Jubir Komando Tertinggi Militer Revolusi Nasional Papua Barat (KTMRNPB), Iringgame Tabuni ketika dihubungi SOMERPost membenarkan adanya penghadangan oleh Milisi ini. “Ini kerja Milisi yang selama ini dibina oleh TNI,” jelas Tabuni. Menurutnya, pihak KTMRNPB telah mengendus keberadaan milisi ini sehingga Polisi dan TNI tidak boleh menyebut KTMRNPB atau faksi-faksi lain sebagai pelaku. “Tidak boleh kambing hitamkan kami dan elemen perjuangan Papua lainnya karena ini ulah milisi binaan TNI,” ujarnya menegaskan.

Pasca kontak tembak tersebut, situasi sekitar itu kembali tegang karena Polisi dan Brimob melakukan penyisiran ke rumah-rumah penduduk, mengintimidasi warga setempat dan memaksa mereka untuk membantu menemukan pelaku penghadangan. Sementara itu itu, sebanyak 40 unit kendaraan roda empat jenis Strada dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang membawa bahan-bahan makanan menuju Mulia, Kabupaten Puncak Jaya yang tertahan di Distrik Ilu, Puncak Jaya. Konvoi kendaraan tersebut menurut rencana akan bergerak beriringan dengan kawalan Polisi menuju Mulia setelah situasi agak kondusif.***

Pos ini dipublikasikan di Aksi TNI-Polri dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s