Foto : TNI Bantai Warga Sipil Puncak Jaya

tni_bunuh_warga_sipil

tni_bunuh_warga_sipil_pjaya

ktp_warga_sipil

Mulia, SomerPost : Desakan Ketua Komisi I DPR-RI  Mahfudz Siddiq dan Rapat Terbatas Presiden SBY dengan Menko Polhukam, Mendagri, Menlu, Mensesneg, Seskab, Panglima TNI dan Kapolri akhirnya membuahkan hasil. Aparat Gabungan TNI-Polri atas perintah Panglima TNI dan Kapolri menembak mati puluhan warga sipil di Puncak Jaya dalam sebuah operasi tumpas sebagai jawaban atas tewasnya 15 Anggota TNI di tangan TPN-OPM pada 21 Februari 2013. Tindakan mengalihkan sasaran tembak ke warga sipil ini terpaksa dilakukan karena fisik TNI-Polri sangat lemah dan tidak mampu mengejar pasukan TPN-OPM yang juga bersenjatakan senapan serbu seperti yang dimiliki TNI-Polri. Salah satu korban rakyat sipil yang  dibunuh dalam operasi biadab ini adalah seorang petani bernama Wendiman Wonda. Dia ditembak mati kemudian para pembunuhnya berpose di depan jenazahnya sebagai tanda kemenangan dan pembalasan mereka atas tewasnya 15 Anggota TNI. Aparat TNI kemudian, menggunakan cara klasik,  meletakkan beberapu butir peluru dan sebuah magazen senjata serbu di dalam noken milik korban untuk meyakinkan publik bahwa korban adalah Anggota TPN-OPM. Saat ini masyarakat sipil di Tingginambut, Sinak dan Yambi yang masih mengungsi di hutan-hutan terus dibantai oleh TNI-Polri sementara akses media massa, Gereja, Pemerintah Kabupaten dan LSM HAM dibatasi secara ketat oleh TNI-Polri. Foto-foto lainnya dapat dilihat di Website West Papua National Liberation Organization.***

Pos ini dipublikasikan di Aksi TNI-Polri dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Foto : TNI Bantai Warga Sipil Puncak Jaya

  1. Fein berkata:

    TNI/Polri are the greatest human rights violator in the world. What a shame

  2. maulanaakhyar berkata:

    OPM ?

  3. tt berkata:

    NKRI HARGA MATI…MAJU GARUDA KU

    TERORIS HARUS DITEMBAK…MAJU TNI

    • somerpost berkata:

      Kesimpulan dari Komentar TT diatas adalah : (1) Republik terkutuk ini gagal mendidik warganya sehingga pembantaian warga lainnya disetujui dan diacungi jempol oleh sebagian warga lainnya; (2) Warga Papua dianggap Teroris sehingga pembantaian terhadap mereka dianggap tidak melanggar hukum.

  4. 46093519.k berkata:

    Pake baju aja belum bisa udah pengin merdeka sendiri,,
    NKRI harga mati,entah warga sipil atau OPM sekalipun kalo udah menyinggung kedaulatan NKRI bantai aja, biar orang papuanya cepat punah…..

  5. Muhammad Mukty berkata:

    orang papua juga manusia bung..klw mereka minta merdeka itu biasa,, lo kira bantuan pemerintah sampai ke sana?? gk,,mereka hidup tanpa bantuan pemerintah. jdi wajar mereka meminta hak2 nya,,,,

    • Panji Hitam berkata:

      Makanya sekolah dulu yang tinggi, baru bisa begini begitu, toh orang papua yang sekolah tinggi hidup enak di papua. Orang papua yang sudah sekolah, pasti tahu malu dan tahu berterima kasih sudah dibantu untuk sejajar dengan saudara-saudara yang ada di Pusat.

  6. Rendi Prayoga berkata:

    Sangat Prihatin, rakyat sipil dijadikan sasaran pelampiasan emosional karena ketidakmampuan petugas TNI/POLRI mencari dan memburu pelaku pemberontakan. Hal ini tidak dapat dibenarkan, dan menurut saya pemberontakan terjadi karena adanya sikap yang dianggapnya tidak adil oleh Pemerintah, sebagai bentuk kekecewaannya. Seharusnya hal ini dijadikan cambukan untuk introspeksi, perbaikan sistem, pemberian perhatian yang adil kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia khususnya di Papua.
    Mudah-mudahan Tuhan menyadarkan hati kalian untuk membuka mata hati, muncul sikap rendah diri, tulus dan ikhlas untuk duduk bersama antara Pemerintah dgn TPN-OPM untuk mencari solusi terbaik dan saling terbuka untuk mengakui kesalahan dan saling memaafkan. Demi menjaga kedulatan NKRI dgn kondisi pemerataan yang adil, khususnya kepada wilayah Papua.

  7. Merah Putih berkata:

    siapa yang memulai kekerasan habisin aja, sampai tuntas habis, jangan kasih ampun, nyawa bayar nyawa, kalo cengeng gak usah jadi pengacau, pengacau harus mati ga usah dikasi ampun, babat habis, Mari dukung Prabowo Subianto jadi presiden biar NKRI berdaulat dan babat habis yang kepala batu!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s